Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati

Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati
Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati
- Sekarang ini hotspot pribadi termasuk fitur yang amat penting di perangkat iPhone dan iPad yang mana berguna untuk berbagi internet ke perangkat lain, namun ada beberapa pengguna malahan sering kali mengalami masalah yang mana hotspot pribadinya sering kali mati sendiri secara mendadak.

Masalah semacam itu pastinya sangatlah mengganggu sekali, terlebih lagi sekarang ini kita sedang berbagai internet ke PC ataupun laptop untuk menyelesaikan pekerjaan maupun tugas sekolah disebabkan jaringan wifi lagi ada masalah.

Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati

Sehingga anda dengan terpaksa harus memakai hotspot, supaya bisa langsung terhubung ke internet namun jangan cemas sebab di kesempatan kali ini kami akan menjelaskan cara agar hotspot iPhone tidak mati di bawah ini.

1. Melakukan Pemeriksaan Pengaturan APN

Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati
Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati Sendiri dengan Melakukan Pemeriksaan Pengaturan APN
Terkadang pengaturan APN yang benar juga bisa saja akan mempengaruhi hotspot di iPhone milik anda, oleh sebab itu kalau ada masalah yang terjadi di hotspot anda sebaiknya periksa pengaturan APN ya guys.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak langkah-langkah cara agar hotspot iPhone tidak mati sendiri dengan melakukan pemeriksaan pengaturan APN yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda buka aplikasi Pengaturan yang berada di ponsel iPhone miliknya.
  • Jika sudah, silahkan masuk ke dalam menu Seluler dan tinggal klik Jaringan Data Seluler.
  • Lalu anda masukkan saja informasi APN di kolom APN disediakan, misalnya saja kalau anda adalah pengguna operator Telkomsel tinggal masukkan Telkomsel di seluruh kolom APN. Sementara menu Nama Pengguna, Kata Sandi dan lain sebagainya bisa di kosongkan.
  • Kalau anda masih kebingungan soal daftar APN yang harus di masukkan, dikarenakan operator yang anda gunakan berbeda langsung saja simak daftar nama APN di bawah ini:
    • Telkomsel, masukkan APN: (Telkomsel)
    • XL, masukkan APN: (internet)
    • Indosat, masukkan APN: (indosatgprs)
    • AXIS, masukkan APN: (axis)
    • Tri, masukkan APN: 3gprs
    • By.u, masukkan APN: (byu))
  • Pada langkah terakhir ini, tinggal anda kembali ke menu utama aplikasi Pengaturan dan silahkan aktifkan Mode Pesawat lalu tinggal menunggu beberapa saat dan nonaktifkan kembali Mode Pesawat tersebut.

2. Restart Pengaturan Jaringan iPhone

Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati
Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati Sendiri dengan Melakukan Restart Pengaturan Jaringan iPhone
Melakukan restart pengaturan jaringan di iPhone dilakukan supaya iPhone anda kembali ke dalam pengaturan pabrik atau bawaan dan salah satunya yaitu fitur Personal Hotspot.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak langkah-langkah cara agar hotspot iPhone tidak mati sendiri dengan melakukan restart pengaturan jaringan iPhone yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda buka aplikasi Pengaturan yang ada di ponsel iPhone miliknya.
  • Jika sudah, silahkan masuk ke dalam menu Umum (General) lalu klik menu Atur Ulang (Reset).
  • Selanjutnya anda pilih menu Atur Ulang Pengaturan Jaringan atau Reset Network Settings.
  • Setelah selesai, nanti anda cek hasilnya dengan mengaktifkan hotspot di iPhone dan silahkan sambungkan ke perangkat lain.

3. Update ke iOS Versi Terbaru

Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati
Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati Sendiri dengan Melakukan Update ke iOS Versi Terbaru
Ada salah satu penyebab hotspot iPhone sering kali mati secara tiba-tiba, hal itu disebabkan oleh adanya bug di iOS yang dipergunakan dan inilah langkah-langkah cara agar hotspot iPhone tidak mati sendiri dengan melakukan update ke iOS versi terbaru yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda siapkan koneksi internet yang bersumber dari koneksi Wifi, bahkan anda bisa memakai data seluler namun harus mendukung jaringan 5G dan baterai harus tersisa di iPhone minimun 50%.
  • Jika sudah, tinggal buka aplikasi Pengaturan kemudian klik menu Umum dan silahkan pilih Pembaharuan Perangkat Lunak.
  • Lalu unduh dan install pembaharuan atau update kalau tersedia.

4. Melakukan Pemeriksaan Dukungan Personal Hotspot oleh Operator Masing-Masing

Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati
Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati Sendiri dengan Melakukan Pemeriksaan Dukungan Personal Hotspot oleh Operator Masing-Masing
Alternatif cara agar hotspot iPhone tidak mati sendiri dengan melakukan pemeriksaan dukungan personal hotspot oleh operator masing-masing dapat langsung di terapkan, kalau cara yang sudah kami sediakan di terapkan tapi belum juga membuahkan hasil.

Mungkin ada beberapa operator seluler yang tidak mendukung adanya personal hotspot, namun perlu anda ketahui kalau dukungan personal hotspot tidak hanya bergantung di iPhone saja melainkan tergantung juga dari operator seluler yang dipakai.

Oleh sebab itu, kalau operator yang anda pergunakan tidak mendukung adanya personal hotspot maka jalan satu-satunya yaitu dengan melakukan perpindah ke operator seluler lain saja.

5. Restart iPhone

Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati
Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati Sendiri dengan Melakukan Restart iPhone
Seperti yang sudah kita ketahui bersama, melakukan restart ke sebuah perangkat Smartphone, PC atau laptop merupakan cara paling terbaik untuk bisa mengatasi berbagai macam masalah yang sudah terjadi.

Begitu pula hotspot iPhone sering secara tiba-tiba mati, maka salah satu caranya yaitu melakukan restart perangkat iPhone tersebut.

Sementara cara agar hotspot iPhone tidak mati sendiri dengan melakukan restart iPhone yang bisa langsung di terapkan, di antaranya yaitu sebagai berikut:

1. Restart di iPhone 6S, 6, 5S atau Versi Lama

Silahkan tekan dan tahan beberapa saat tombol power atau lock dan home secara serentak hingga iPhone benar-benar melakukan restart.

2. Restart di iPhone 7 dan 7 Plus

Silahkan anda tekan kemudian tahan tombol volume bawah dan power/lock secara serentak hingga iPhone benar-benar melakukan restart.

3. Restart di iPhone 8, Xr, Xs, 11, 12, SE 2020 atau Versi Lebih Baru

Silahkan tekan dan tahan tombol volume atas lalu lepaskan, selain itu anda juga haru menekan tombol volume bawah kemudian lepaskan terakhir tinggal tekan dan tahan beberapa saat tombol Power Lock hingga iPhone benar-benar menampilkan logo Apple atau restart itulah cara agar hotspot iPhone tidak mati.

6. Menonaktifkan Low Data Mode

Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati
Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati Sendiri dengan Menonaktifkan Low Data Mode
Biasanya penggunaan Low Data Mode bisa menyebabkan penggunaan data seluler terbatas, karena mode itu untuk mencegah pembaharuan otomatis sampai pembatasan pengguna hotspot.

Untuk lebih jelasnya, langsung saja simak langkah-langkah cara agar hotspot iPhone tidak mati sendiri dengan menonaktifkan Low Data Mode yaitu sebagai berikut:
  • Pertama-tama anda buka Setting di ponsel iPhone miliknya.
  • Jika sudah, silahkan tekan Mobile Data dan anda tinggal pilih SIM Utama.
  • Kemudian anda geser toggel Low Data Mode menjadi tidak aktif.
  • Selesai.

Akhir Kata

Itulah seluruh isi artikel kita kali ini mengenai Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati dengan Sendirinya.

Tinggal anda coba salah satu cara yang sudah kami sediakan untuk anda, siapa tahu ada yang berhasil menormalkan hotspot di ponsel iPhone yang anda gunakan.

Namun terkadang hotspot yang secara tiba-tiba mati sendiri, biasanya disebabkan oleh beberapa masalah yang berbeda-beda.

Tapi di beberapa kasus biasanya cara pertama dan juga terakhir merupakan salah satu solusi yang cukup ampuh dan bisa di terapkan untuk mengatasi masalah yang terjadi di hotspot secara tiba-tiba mati sendiri. Sekian dan selamat mencoba.
Dahyana Praktisi teknologi dan editor di TeknologiMedia.

Belum ada Komentar untuk "Cara Agar Hotspot iPhone Tidak Mati"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel